This blog had been moved to a new HOME! http://www.whileinkl.com. Or it will redirect automitaclly after 5 seconds.







Monday, March 04, 2013

Makna Sebuah Ulang Tahun

Gambar : BestWallPaperhd.com

29 tahun yang lalu, saya terlahir dari rahim seorang wanita yang kemudian sampai sekarang saya panggil sebagai Ibu. Hari di mana saya terlahir itulah yang sekarang selalu saya sebut sebagai hari Ulang Tahun saya. 

Ulang Tahun, mungkin tadinya tidak memiliki terlalu banyak arti untuk keluarga kami. Maklumlah, keluarga kami memang sedikit kaku. Hal yang paling mungkin dilakukan pada hari Ulang Tahun salah satu dari anggota keluarga kami adalah pergi makan malam di luar. Itupun biasanya hanya makan malam, di restoran sederhana yang merupakan tempat favorit kami sekeluarga. Restoran yang tanpa ada sesuatu acara pun kerap dikunjungi karena makanannya yang enak. Ucapan ulang tahun pun, ya sekedar "Selamat Ulang Tahun ya.." Tanpa embel-embel kado :) Bahkan terkadang teman-teman yang justru memberi kado dan merayakan dengan penuh kejutan. 

Tapi buat saya semuanya itu biasa saja. Memang tidak ada yang spesial dari sebuah ulang tahun. Toh, jika masih diberikan umur, tahun depan kita akan ulang tahun lagi. Seperti itulah kira-kira arti ulang tahun buat saya. 


Sampai di saat, tiba giliran saya menjadi seorang Ibu. Proses melahirkan yang saya percaya, hampir buat semua orang tidak mudah, melalui proses panjang yang diselimuti dengan rasa sakit yang tak terhingga, rasa cemas dan takut yang datang silih berganti dalam hampir 48 jam  proses persalinan, ditambah dengan rasa syukur yang tidak dapat diganti dengan kata-kata apapun ketika anak sudah lahir dengan normal. 

Look how happy he is :)
Mulai saat itu, saya akui banyak hal yang berubah. Bukan hanya dalam memaknai ulang tahun ya, akan tetapi dalam memaknai hidup secara keseluruhan. Ulang tahun yang tadinya buat saya hanya sebuah pengulangan dalam hidup, berubah menjadi saat di mana saya menjadi lebih bersyukur karena diberikan umur yang sudah bermanfaat buat saya. Membuat saya menjadi lebih mengerti bahwa, mungkin saya juga diberikan umur untuk lebih bermanfaat lagi, bukan hanya buat diri sendiri, tapi buat keluarga, anak dan tentunya untuk orang banyak. 

Begitulah sekarang saya memaknai ulang tahun di keluarga kecil kami. Kalau untuk saya dan suami, ulang tahun kami adalah saat di mana kami untuk kembali mengingat saat kami dilahirkan, dan harus menjadi lebih bermanfaat dari sebelumnya. 
Sementara ulang tahun Geza, menjadi saat bagi Geza untuk terus ingat, bahwa kami orang tuanya tidak akan pernah lupa akan hari ulang tahunnya, karena di hari itu, dia membawa perubahan besar ke arah yang lebih baik untuk keluarga kecil ini, dan bagi kami ulang tahunnya adalah waktu bagi kami untuk ingat ada kehidupan kecil yang akan bergantung dengan kami dan memacu kami untuk selalu lebih berusaha menjadi orang tua yang lebih baik.




5 comments:

  1. Makasi tante..
    Ini ulang taunnya yang taun kemaren :) Insyaallah april 4 tahun.. Dan sekarang ibu ayahnya masih mikir mau gimana nyenengin dia, karena dia udah inget kapan dia ulang tahun hehehe

    ReplyDelete
  2. cihuyy ada yang ultah, selamat ya

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas sharing ceritanya semoga kita bisa lebih memaknai arti dari sebuah ultah.

    terima kasih juga telah berpartisipasi dalam GA saya :)

    ReplyDelete
  4. @Mba Lisa: Tau aja ya..hehe, belum genap nih, msh ngitung hari

    @Mba Dwiyani : hehe seneng juga bisa ikutan, mudah2an saya beruntung :)

    ReplyDelete